potongan daging sapi

Bentuk-bentuk Potongan Daging Sapi yang Dilakukan Penjual

Bentuk-bentuk Potongan Daging Sapi yang Dilakukan Penjual

Para penjual seringkali melakukan potongan daging sapi dalam berbagai bentuk. Mungkin ada yang kecil, sedang, bahkan amat besar. Tak jarang setiap potongan memiliki nilai harga yang berbeda-beda. Selain itu, setiap satu bagian potongan dari daging sapi juga mempunyai perbedaan kualitas maupun tekstur. Penting bagi Anda memahami jenis potongan daging agar tahu nilai gizi yang terkandungnya.

Jenis Potongan Daging Sapi di Pasaran

Taukah Anda hampir di setiap daerah atau Negara sistem pemotongan daging sapi memiliki perbedaan tersendiri? Sebagai ilustrasi saja, potongan daging yang berbentuk besar pada bagian karkas sapi, kemudian dibagi menjadi potongan rusuk, sampil, has luar, dan lainnya. Nah, berikut adalah bentuk cara memotong daging sapi yang biasanya dilakukan penjual di Indonesia.

  • Sandung jamur, yakni jenis potongan daging versi restaurant western. Dimana mengambil bagian dada yang memiliki sedikit lemak. Saat dimasak dagingnya bisa dijadikan makanan soto atau sejenis hidangan berkuah. Namun ingat sebelum itu harus dimasak empuk degan api kecil. Jika di resto western, sandung jamur dijadikan smoked brisket atau corned beef.
  • Sampil, adalah potongan daging yang berbentuk bahu, punik, maupun paha atas. Tekstur dagingnya yang kurang lunak, tetapi cita rasa saat dimasak sangat lezat berkat kandungan kolagen di dalamnya. Terdapat pula bentuk potongan sampil dengan ukuran kecil, karena hanya diambil bahu atas dan bawah.
  • Iga, yaitu potongan daging yang berasal dari tulang rusuk. Biasanya penjual menjual iga dengan harga cukup mahal, karena nilai gizi yang tinggi. Tak jarang iga diolah menjadi stik atau sejenis makanan barbeque panggang. Selain itu, iga sapi juga bisa dimasak sebagai hidangan berkuah seperti soup iga yang sering dijual di restaurant.

Bagaimana, Anda sudah paham bentuk potongan daging sapi? Biasanya para pembeli daging sapi bisa meminta bentuk potongan daging sesuai keinginan. Namun dalam memotong daging harus selaras dengan serat daging agar pada saat proses memasak daging tersebut mudah matang dan tidak alot.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us