cara memanggang daging sapi

Cara Memanggang Daging Sapi Agar Higienis

Cara Memanggang Daging Sapi Agar Higienis

Cara memanggang daging sapi tentu harus melibatkan suhu yang panas dan kering. Bahkan jika daging sapi berjumlah banyak dan memiliki tekstur tebal akan membutuhkan waktu lama. Tetapi sebetulnya dalam memanggang daging harus diolah secara tipis-tipis agar cepat dalam proses pemanggangan tersebut. Hal ini bertujuan agar daging tidak terasa alot saat disantap bersama sepiring nasi.

Pastikan sebelum memanggang Anda harus bisa memilih potongan daging tanpa lemak. Pilih bagian daging yang bewarna merah yang sudah pasti terasa empuk. Selain itu, perhatikan bumbu dalam pemanggangan daging sehingga menghasilkan kualitas rasa yang enak. Nah, berikut adalah tips mudah memanggang daging agar tetap higienis.

Cara Memanggang Daging Sapi

Ada baiknya, Anda memilih sumber pemanggangan yang baik supaya proses cepat dan tepat. Anda dapat menggunakan oven tradisional karena memiliki manfaat sirkulasi udara yang baik, sehingga kecepatan matang semakin meningkat. Namun Anda harus memperhatikan hal-hal seperti berikut ini dalam proses pemanggangan daging sapi.

  • Daging sapi harus dipaggang dalam suhu antara 140’C hingga 205’C. Upayakan daging yang memiliki lemak dipanggang dalam suhu rendah dengan waktu lebih lama. Tetapi daging tanpa lemak bisa menggunakan suhu tinggi supaya lebih cepat matang.
  • Pastikan daging dipanggang secara merata untuk menghindari permukaan yang gosong, serta bagian dalam daging yang kemungkinan masih mentah. Ingat jangan memanggang daging yang keluar langsung dari kulkas, karena membuat proses pemanggangan tidak matang sempurna.
  • Anda harus mencairkan daging beku guna menghindari bakteri yang menempel pada daging tersebut. Biarkan daging sapi mencapai suhu ruangan optimal sebelum masuk ke dalam oven pemanggangan.
  • Angkat daging sapi jika dirasa sudah matang. Jangan terburu untuk menyantap daging panggang dalam keadaan panas. Diamkan dahulu selama 10 menit untuk mengendurkan serat daging agar lebih nikmat.

Itulah cara memanggang daging sapi untuk tetap higienis. Tentunya Anda selalu menjaga kebersihan saat proses pemanggangan agar tidak ada kuman atau bakteri yang hinggap pada daging. Selamat memanggang.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Need Help? Chat with us